Rabu, 04 Mei 2011

Penemuan mayat alien di Siberia ternyata sebuah hoax

Pada tanggal 17 April 2011, sebuah video yang menunjukkan penemuan sesosok mayat alien yang termutilasi di Siberia diupload ke youtube. Setelah itu, video itu segera menjadi sensasi luar biasa. Apakah akhirnya kita mendapatkan bukti konklusif keberadaan makhluk ekstraterestrial? Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Penemuan ini adalah sebuah hoax.


Sebagian dari kalian mungkin sudah mengetahui soal ini. Namun karena masih banyak yang mengirim email ke saya dan bertanya mengenai penemuan ini, saya memutuskan untuk mempostingnya.

Ini video yang dimaksud:

 
 
 
 
Ini screenshot yang menunjukkan aliennya:

Video ini diambil oleh dua pelajar bernama Timur Hilal, 18 tahun, dan Kirill Vlasov, 19 tahun, di wilayah bersalju di Irkutsk, Siberia.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari video ini. Setiap hari, ratusan bahkan ribuan video semacam ini diupload ke youtube. Namun, entah kenapa video yang satu ini bisa menjadi sensasi luar biasa. Saat saya menulis ini, video ini telah disaksikan lebih dari 6,7 juta kali.

Saya rasa, penyebarannya sangat dibantu oleh media-media besar di dunia seperti abcnews atau dailymail. Walaupun media-media tersebut mungkin hanya memuat berita ini sebagai sebuah selingan humor, namun bagi banyak orang tidak demikian.

Sayangnya, imajinasi mengenai mayat alien ini harus berhenti sampai disini.

Pihak kepolisian Rusia sudah mengkonfirmasi kalau penemuan itu hanyalah sebuah hoax. Para pemuda yang merekam video itu telah mengakui kalau mayat alien itu sesungguhnya hanyalah sebuah rekayasa yang dibuat dari kulit ayam dan roti (kreatif).

Mungkin mereka berdua pun tidak menyadari kalau hoax ini akan dianggap serius oleh begitu banyak orang.

Juru bicara dari kementrian dalam negeri Rusia bahkan harus turun tangan dan mengklarifikasinya. Katanya: "Kami menemukan alien itu di dalam salah satu rumah pelajar."

"Mayat itu ditemukan di bawah tempat tidurnya. Penelitian yang seksama menemukan kalau alien itu sesungguhnya hanya terbuat dari remah roti yang dibalut dengan kulit ayam.

Para penyelidik sedang mempertimbangkan untuk menuntut kedua pelajar tersebut.

Sergei Zvedzin, seorang juru bicara kepolisian mengatakan: "Apa yang akan kami lakukan terhadap mereka? Kami belum memutuskan."

"Kami akan melihat apakah ada kejahatan yang dilakukan dalam hubungannya dengan penggunakan kulit hewan."

Kedua pelajar ini memutuskan untuk membuat gurauan ini setelah mendengar desas-desus adanya pesawat alien yang jatuh di wilayah itu.

Walaupun cukup heboh, namun, dari awal tidak semua Ufolog dengan serta merta menerima klaim kedua pelajar itu. Misalnya Alex Komanov, salah seorang peneliti UFO dari Russion UFO Research Centre.

Menurutnya: "Mayat itu memang menarik. Teksturnya mirip dengan makhluk biologi yang ada. Namun, mayat itu tidak memakai pakaian dan saya yakin kalau makhluk cerdas luar angkasa akan memakai pakaian seperti baju luar angkasa."

Argumentasi yang sangat baik.

Saya tidak menyangka kalau seorang Ufolog akan memberikan analisa yang sederhana seperti ini. Tetapi saya setuju. Paling tidak penemuan ini sudah terbukti sebagai hoax.

source

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar