Rabu, 04 Mei 2011

Kelamin Seorang Bocah Berubah Saat Berusia 15 Tahun

BOYOLALI - Peristiwa aneh dialami seorang bocah asal Dukuh Kepoh, Desa Sembungan, Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah. Aminah, yang sebelumnya berjenis kelamin perempuan, secara perlahan berubah menjadi laki-laki tulen.


Bahkan, dua bulan lalu Aminah yang menginjak 15 tahun itu telah disunat dan namanya diganti menjadi Amin Wahyu Bahtiar.

Ketika lahir, anak pertama dari pasangan Surati (36) dan Tarno (36) ini berjenis kelamin perempuan. Namun setelah menginjak kelas tiga Sekolah Dasar (SD), muncul keanehan pada diri Aminah. Pada alat vitalnya muncul tonjolan.

Semula pihak keluarga berencana membawanya ke rumah sakit (RS) di Semarang untuk dioperasi. Namun karena biayanya mahal, keluarga diminta mengurus asuransi kesehatan (Askes).

Namun karena tak kunjung jadi, Aminah batal dioperasi. “Secara berlahan, tonjolan itu kemudian terus tumbuh. Sedangkan alat kelamin perempuannya makin mengecil dan akhirnya menghilang,” kata Surati, sang ibu, Rabu(4/5/2011).

Tonjolan itu sendiri akhirnya membentuk alat kelamin pria normal seutuhnya. Pihak keluarga juga menempuh jalur hukum melalui penetapan pengadilan.

Statusnya diperkuat dengan penetapan Pengadilan Negeri (PN) Boyolali. Setelah sidang hampir satu bulan, termasuk menunjukkan keterangan dokter dan bukti otentik, maka status kelamin secara sah berganti menjadi laki-laki.

Akte kelahiran yang semula status kelaminnya perempuan juga diubah. “Kami telah melakukan verifikasi ke lapangan. Memang berubah menjadi laki-laki,” kata Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil dan Pengelolaan Dokumen, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Boyolali, Ahmad Qowim.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar