Senin, 18 April 2011

7 keajaiban Yunani kuno

1. Teater Epidaurus



Teater terbesar pada jamannya. Memiliki akustik
yang luar biasa, didisain supaya bagian penonton ga ada permukaan yg rata sehingga ga ada gema.

2. Istana Knossos





Dibangun oleh bangsa Minoa istana ini memiliki ribuan ruang yang saling terhubung membentuk labirin. Klo yg masuk orang asing bisa panik nih. Selain itu di istana ini juga ada sistem pembuangan air kotor dan ruang takhta yang indah dengan gambar2 griffin disamping tahtannya.

3. Kuil Apollo di Delphi



Terletak 600 meter di gunung Parnassus, kuil ini dibangun bagi dewa peramal, Apollo. Disini banyak peramal2 wanita yang disebut oracle meramal org2 yg datang mulai dari nanya perlu perang/tidak sampe nanya siapa ayah dari anak ini.

4. Patung Colossus di Rhodes



Dibangun untuk mengenang keberhasilan menahan serangan Macedonia, patung ini terbuat dari perunggu setinggi 30 m & berwujud dewa matahari, Helios. Perunggunya dibeli dengan uang penjualan senjata2 pasukan Macedonia yg ditinggal di pantai. Patung Liberty terinspirasi patung ini.

Mitos salah kaprah bilang kalo posenya ngangkangin pelabuhan padahal jarak 2 tiang pelabuhan terlalu jauh buat kakinya, jadi kemungkinan posenya seperti di gambar atas. Beberapa puluh tahun kemudian ada gempa yang menghancurkan patung ini dan ga dibangun lagi krn dianggap bawa sial patungnya dan perunggunya dijual lagi.

5. Kota pulau Santorini




Kota ini diduga kuat adalah Atlantis yang terkenal itu. Bentuknya konsentris dengan darat & air selang-seling. Di tengahnya ada pusat kota & kuil Poseidon. Kota ini hancur saat gunung santorini yg ternyata di tengah kota itu meletus hebat dan menhancurkan kebudayaan Minoan.

Ini gambar santorini sekarang + bentuknya sebelum letusan.


6. Patung Zeus di Olympia



Menjulang setinggi 12 m, patung ini dibuat oleh Phidias dengan bahan emas, gading, kayu cedar, kayu hitam, dan batu2 berharga.

Selain patung ini, Olympia juga terkenal dengan arena Olimpiade pertama yang megah.



Cabang yg dipertandingkan merupakan unsur2 militer, seperti lari, lompat, lempar lembing, lempar batu, gulat, balap kereta kuda, dan lomba lari dengan perlengkapan senjata lengkap (wuih, berat pastinya). Semuanya punya arena masing2.



Kalo agan2 mau masuk olimpiade, harus latihan 10 bulan + 1 bulan di Olympia. Selama 1 bulan acaranya, ga boleh ada yg perang atau berkelahi sekalipun, klo ketahuan ada yg berantem/perang maka org itu terkutuk di mata Zeus. Pemenangnya ga dapet medali/piala, cuma dapet mahkota daun zaitun, ikat kepala, dan daun palem. Tapi hadiahnya sebenernya: boleh pilih cewe manapun yg dia mau di kampungnya, makanan + fasilitas hidup gratis seumur idup, dan ketenaran. Ketenaran maksudnya orang bakal memperingati tahun ini si anu yg juara olimpiade.

7. Apalagi kalo bukan kuil Parthenon



Kuil ini dirancang oleh Pericles & pembangunannya dibawah pengawasan Phidias. Ditujukan bagi dewi Athena, kuil ini terbuat dari batu marmer bermutu tinggi dengan teknik arsitektur yang sangat maju. Ukurannya 69.5 m x 30.5 m dan memiliki 46 pilar luar & 19 pilar dalam. Di dalamnya ada patung dewi Athena yang memakan lebih dari setengah budget kuilnya sendiri. Relief di dalemnya sekarang emang warnanya pucet, tapi aslinya berwarna warni, artinya orang Yunani menguasai teknik pewarnaan yang canggih.



Kuilnya juga didisain tahan gempa makanya masih berdiri sampe hari ini.

Replikanya ada di Nashville, AS dan muncul di film Percy Jackson & The Lightning Thief.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar